Game Review – Rising Force Online (RF Online) [MMORPG]




“RF Online, Pertempuran Tiada Akhir”
RF Online (atau Rising Force Online) adalah game online bergenre Massive Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) dengan nuansa gabungan antara fantasi dan masa depan dengan tema yang menarik. Bersetting di suatu galaksi bernama NOVUS, menampilkan peperangan masa depan dengan teknologi maju dari beberapa peradaban yang berbeda.
Permainan ini berpusat pada konflik 3 bangsa untuk memperebutkan resource yang berharga yaitu tambang, dimana bangsa yang berhasil menguasai tambang tersebut menjadi bangsa terkuat di NOVUS. Masing-masing bangsa dilengkapi dengan kemampuan spesifik, sesuai dengan latar belakangnya masing-masing.
Accretia, bangsa cyborg dengan tubuh metalik dan otak organik, memiliki spesialisasi menggunakan senjata Launcher ditambah kemampuan Siege Mode yang memiliki kekuatan penghancur paling besar diantara bangsa lainnya.
Bellato, bangsa dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi, diperkuat dengan Massive Armor Unit (MAU), berbentuk robot raksasa yang dikendalikan 1 orang, menjadi kekuatan militer yang ditakuti.
Cora, bangsa dengan peradaban spiritual yang tinggi. Cora bertempur menggunakan kemampuan sihir terkuat, dan mampu memanggil (summon) Animus untuk membantu mereka dalam pertempuran.
Disini juga disediakan berbagai job/profesi untuk dipilih. Berawal dari pilihan job dasar pada level 1 :Warrior, Ranger, Specialist, dan juga job Spiritualist khusus Bellato dan Cora. Pemain dapat memilih joblanjutan jika sudah mencapai level 30 dan juga level 40. Job akhir di level 40 ini merupakan job yang paling spesifik, yang menentukan peran karakter dalam pertempuran. Contohnya bagi pemain Bellato yang ingin mengendarai MAU, dapat memilih job dasar Specialist, kemudian pada level 30 berubah jobmenjadi Driver, selanjutnya berubah menjadi Armor Rider pada level 40. Spesifikasi job untuk masing-masing bangsa dapat dilihat disini.
Seperti layaknya MMORPG lain, game ini memiliki beberapa atribut pada karakternya seperti HP, SP, FP,Attack, Defense Power, Attack Speed, Accuracy, serta Dodge Rate. Satu hal yang unik adalah digunakannya Def Gauge, sebuah bar yg akan berkurang apabila karakter menerima serangan, dan apabila Def Gauge tersebut habis, Defense karakter akan turun secara drastis, Dodge Rate jg akan berkurang secara drastis, yang berarti karakter kita akan jadi sangat lemah. Hal unik yang lain adalah penggunaan sistem PT. Penggunaan senjata disini tidak hanya berdasarkan level karakter, tetapi juga PT karakter tersebut. Untuk seorang warrior menggunakan senjata dekat lvl tinggi, yang harus dilakukan bukan hanya meningkatkan level karakternya, tetapi juga meningkatkan PT serangan jarak dekat. Ada beberapa PT dalam game ini :
  • Jarak Dekat – Membuat karakter dapat menggunakan armor dan senjata jarak dekat dengan level lebih tinggi. Meningkatkan stamina dan kekuatan serangan jarak dekat.
  • Jarak Jauh – Membuat karakter dapat menggunakan armor dan senjata jarak jauh dengan level lebih tinggi. Meningkatkan kekuatan serangan jarak jauh dan FP.
  • Force (Bellato & Cora) – Dapat menggunakan Tongkat dan Armor Force dengan level lebih tinggi. Meningkatkan kekuatan serangan Force.
  • Perisai – Dapat menggunakan Perisai dengan level lebih tinggi. Dan meningkatkan Block Rate.
  • Pertahanan – Meningkatkan maksimum HP.
Tiap ras mempunyai PT spesial sendiri antara lain :
  • Summon (Cora) – Dapat memperkuat animus dengan cara men-summon animus (paimon, hecate, innana, isis)
  • Launcher (Accretia) – Dapat menggunakan senjata Launcher dan armor Launcher dengan level lebih tinggi. Meningkatkan kekuatan serangan Launcher.
  • Unit (Bellato) – Dapat meng-upgrade MAU dengan komponen yang lebih baik. (Persyaratan level juga harus dipenuhi).
PT tersebut dapat ditingkatkan dengan cara sering menggunakan senjata yang membutuhkan PT yg bersangkutan. Untuk meningkatkan PT jarak dekat, karakter harus sering menggunakan senjata jarak dekat. Hal yang sama untuk senjata jarak jauh, launcher, dan perisai. PT pertahanan akan meningkat apabila karakter menerima serangan baik dari monster atau dari serangan bangsa lain.
Nilai lebih game ini terletak pada sistem politik dan ekonominya. Ya, game ini juga punya sistem pemerintahan dan ekonomi yang berjalan di dalamnya. Saat karakter kita berhasil membunuh bangsa lain, kita akan mendapatkan Contribution Point (CPT), yg menunjukkan kontribusi kita bagi kemenangan bangsa. Semakin tinggi CPT milik kita, semakin terbuka kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin bangsa (Archon) yg memimpin bangsanya dalam perang memperebutkan tambang Crag Mine (Chip War). Sistem pemilihannya sendiri berupa voting, dimana rakyat yang menentukan secara langsung siapa Archon yang terpilih. Archon disini juga dapat menentukan pajak bangsa yang berlaku dalam sistem lelang. Sepertinya saya kelewatan menjelaskan tentang sistem lelang. Sistem lelang disini memudahkan transaksi barang dalam game. Seorang pemain tidak perlu harus online untuk menjual barangnya seperti pada game online lainnya, pemain hanya cukup mendaftarkan barang yg ingin dijual ke dalam tempat lelang, dan secara otomatis apabila barangnya terbeli, maka pemain yang menjual tadi akan mendapat uang sesuai harga yang dipasang (dipotong pajak bangsa), walaupun penjual tidak online.
Apakah game ini hanya berfokus pada tiap karakter membunuh monster dan menjalankan quest untuk meningkatkan level saja? Tentu tidak, cara meningkatkan Exp point agar naik level memang dari membunuh monster dan menjalankan quest, tetapi Anda harus tetap hati-hati. Setiap saat bisa saja karakter dari bangsa lain datang dan membunuh Anda, hal ini biasa disebut “rusuh”. Pemain melakukan rusuh ke tempat hunt bangsa lain untuk memperoleh CPT seperti yang sudah dijelaskan di atas. Saat level Anda dirasa sudah cukup tinggi, saatnya berpartisipasi dalam Chip War.
Pertempuran Tiada Akhir“, tagline ini menggambarkan bagaimana pertempuran antara 3 bangsa tidak pernah ada jedanya, dan puncak pertempuran terletak pada Chip War, demi memperebutkan Crag Mine. Apalagi hal yang menarik di Chip War ini selain ratusan pemain yg bertempur dalam 1 tempat yang sama? Hhmm, saat situasi terdesak, Archon suatu bangsa dapat menurunkan bom nuklir ke arah bangsa musuh yang membuat musuh kocar-kacir. Duaarrr!!!  :cool:
RF Online menjadi salah satu game online yang paling lama saya mainkan, jauh melebihi NexiaRO,Tantra, ataupun game online bergenre MMORPG lain. Sampai saat ini, saya juga masih memainkan Xylon, Phantomshadow level 56 yang sekarang sudah berubah job menjadi Striker, walaupun tidak sesering dulu. Hal-hal unik yang saya sudah sebutkan menjadi alasan kenapa game ini tetap bertahan di hati saya. CCR sebagai pengembang RF Online, sebaiknya mulai memikirkan terobosan apalagi yang harus dibuat untuk tetap mempertahankan para penggemar setia game ini. As for me, saya masih menunggu update Planet Wars, yang memindah setting pertempuran menjadi seperti pertempuran Gundam di luar angkasa. Stunning !
Game Review – Rising Force Online (RF Online) [MMORPG] Game Review – Rising Force Online (RF Online) [MMORPG] Reviewed by pandu septian on Tuesday, July 19, 2011 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.